REVIEW FILM: BODYGUARDS AND ASSASINS

China memang tidak pernah lupa akan sejarah bangsanya.  Setelah film Red Cliff yang menceritakan tentang sejarah Cina pada saat Dinasti Han, sineas per-film-an China kembali mengangkat FILM dengan tema sejarah, yaitu BODYGUARDS AND ASSASINS.  Aktor – aktor yang bermain di dalam film ini pun sudah tak diragukan lagi kemampuan aktingnya, sebut saja Donnie Yen, Tony Leung Ka Fai, Leon Lai dan Nicholas Tse.

SINOPSIS

FILM ini bercerita tentang China pada tahun 1905 dimana terjadi upaya pemberontakan yang dilakukan masyarakat CHINA atas rezim yang dilakukan oleh Ibusuri Cixi. Masyrakat CHINA yang dibuat susah dan sengsara karena pemerintahan yang korupsi, berupaya melakukan REVOLUSI dan menggulingkan pemerintahan (kekaisaran) pada saat itu dan ingin mengubah CHINA menjadi negara REPUBLIK.

Pandangan dimana seorang kaisar adalah utusan dari langit dan memiliki HAK YANG BERBEDA, ingin diganti dengan pandangan dimana semua manusia terlahir dengan status yang sama, yaitu sebagai manusia, dan juga memiliki HAK yang SAMA dengan manusia lainnya.

Keberhasilan REVOLUSI CHINA pada saat itu tergantung pada seseorang yang bernama Sun-Yat-Sen (dikenal sebagai bapak negara CHINA saat ini) yang akan mengunjungi HONGKONG dari luar negeri dan akan membicarakan rencana REVOLUSI dengan para pemimpin wilayah pemberontak di CHINA.

Namun kedatangan ini tercium oleh pemerintah, dan dengan segala upaya (dengan mengirim pembunuh) pemerintah berusaha menghalangi kedatangan Sun-Yat-Sen. Di sisi lain, kumpulan pemberontak yang ingin melakukan REVOLUSI dan menggulingkan kekaisaran berusaha dengan sekuat tenaga melindungi Sun-Yat-Sen dengan nyawa sebagai taruhannya demi mewujudkan REPUBLIK CHINA.

REVIEW

Sebuah film yang membuat penonton dapat merasakan bagaimana keras dan sulitnya memperjuangkan KEBEBASAN. Dan juga sebuah film yang dapat menumbuhkan perasaan ingin membela NEGARA.

Setting yang sangat bagus membuat penonton benar-benar merasakan sedang berada di HONGKONG pada tahun 1905.

Pembawaan setiap aktor dalam memerankan perannya patut diancungi JEMPOL, semua terlihat begitu natural, dan jiwa PATRIOTISME begitu terlihat di dalam masing -masing karakter pada film ini.

Film CHINA tanpa adegan KUNGFU seperti SOP tanpa garam, dan dalam film ini kita tidak perlu khawatir dengan pernyataan tersebut, karena adegan KUNGFU yang diperlihatkan cukup memukau. Apalagi ketika adegan pertarungan pada saat kelompok REVOLUSI berjuang melindungi Sun-Yat-Sen, CIAMIK SEKALI….!!

FILM ini merupakan sebuah FILM SEJARAH yang layak untuk ditonton dan sayang untuk dilewatkan. Sebagai film bertemakan SEJARAH, plot yang dipasang dalam FILM ini tidak membuat penonton BOSAN. Dengan cerdiknya Teddy Chen, sutrdara film ini, membuat plot yang asik untuk disimak dan tidak bertele-tele. Ini yang membuatnya berbeda dengan FILM bertema sejarah lainnya yang terkadang terlalu lama dan malah membuat kita mengantuk (sebut saja GANGS OF NEW YORK).

 

SKOR :

(skala 1 – 7)

EFEK / PENGAMBILAN GAMBAR : 6.5

CERITA : 6.5

AKTING PEMAIN : 7

KESELURUHAN : 6.7

Film sejarah yang bercerita tentang pengorbanan untuk membangun suatu negara

back to home

    • mito
    • February 17th, 2010

    mantap path, minta linknyalah buat donlot

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: